Pelaksanaan KSM 2019 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya
Di Post Oleh: Dede Mahrudin Tanggal: 20/07/2019 Di Baca236 kali

Mengukur kemampuan siswa madrasah, Sabtu (20/07/2019), Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diikuti ribuan siswa baik dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Tasikmalaya.

Pada pelaksanaan kali ini di berkahi hujan, karena sudah beberapa hari di daerah Tasikmalaya mengalami kekeringan.

Ketua panitia KSM 2019, mengatakan, peserta yang mengikuti kompetisi ini sama totalnya sama seperti tahun lalu yakni ada sebanyak 1.913 siswa hanya saja ada jumlah peserta ada perubahan di setiap jenjang. Adapun rinciannya yakni untuk jenjang MI diikuti sebanyak 868 siswa,  MTs sebanyak 559 siswa dan MA 486 siswa.

"Ada 2 tempat yang digunakan untuk KSM yaitu jenjang MI dilaksanakan di MTs Cipasung, sedangkan jenjang MTs  dan untuk MA dilaksanakan di MAN 2 Tasikmalaya (MAN Cipasung),"


Dari ribuan siswa yang ikut KSM ini, nantinya akan diambil 3 nilai terbaik, sekaligus juara itu sebagai bakal siswa untuk mewakili kabupaten di ajang KSM tingkat provinsi.

Sebelum Kegiatan KSM ini dimulai rangkaian upacara dilaksanakan dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Tasikmalaya, dan diikuti guru pendamping dan ratusan siswa peserta KSM.

Kegiatan ini guna mengubah cara pandang masyarakat bahwa madrasah hanya mempelajari ilmu agama, padahal didalam madrasah siswa juga mempelajari ilmu sains, sehingga ke depannya siswa siap berkompetisi dengan sekolah umum dalam bidang sains itu.

"Selain itu, kegiatan ini sebagai langkah untuk menggali wawasan siswa sekaligus mempersiapkan siswa untuk bisa memawakili di kompetisi ke jenjang lebih atas lagi,"

Usai melaksanakan Upacara, kegiatan KSM resmi dilaksanakan dengan ditandainya pelepasan balon ke udara sekaligus semua siswa madrasah langsung mengambil ruangan yang telah ditentukan.

Top