Profil

Visi dan Misi Madrasah Aliyah Negeri 1 Tasikmalaya

VISI

Kurikulum dikembangkan dengan mengacu kepada Visi MAN 1 Tasikmalaya yaitu “Menjadi madrasah terdepan untuk mewujudkan generasi yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu berkontribusi dalam kehidupan masyarakat (Beriman, Berilmu dan Beramal)”. Serta karakteristik madrasah sebagai satuan pendidikan menengah yang berciri khas Islam. Sesuai dengan visinya, MAN 1 Tasikmalaya mengembangkan kurikulum yang seimbang antara ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan pendidikan keagamaan (imtaq) serta menekankan bagaimana iptek dan imtak itu teraplikasikan di tengahtengah masyarakat. Sebagai satuan pendidikan yang berciri khas Islam, MAN 1 Tasikmalaya tidak hanya diarahkan pada penggalian ilmu pengetahuan semata tetapi juga menjadi wahana “pelatihan” untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan pada tataran realitas. Kegiatan pendidikan di MAN 1 Tasikmalaya tidak hanya mengarah pada keunggulan akademis (academic excellence) tapi justru menegaskan pada orientasi pembentukan karakter (character building) yang berasas pada prinsip akhlaqul karimah, sekaligus tampil sebagai lembaga pengembang dakwah dan komponen penting dari gerakan amar ma’ruf nahi munkar. Hal ini terlihat dari jumlah mata pelajaran agama yang lebih banyak dibanding sekolah lain yang sederajat tanpa mengurangi jumlah mata pelajaran umum, serta dari berbagai kegiatan pembiasaan (membaca Al-Qur’an di awal dan akhir pelajaran, menebar salam, salat zuhur 34 Kurikulum MAN 1 Tasikmalaya 2021/2022 berjamaah, bakti sosial, menengok teman yang sakit atau terkena musibah, peringatan hari besar Islam dll). Selain itu sebagai lembaga pendidikan yang berbasis masyarakat (community based education), MAN 1 Tasikmalaya juga memiliki peran aktif dalam pemberdayaan masyarakat sekitar dan sekaligus melibatkan masyarakat secara aktif dalam pengembangan madrasah.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non-akademik.
  2. Mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam menjalankan ajaran agama secara utuh sesuai risalah Rosululloh Saw.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.
  4. Mewujudkan pembentukan karakter ummat yang mampu mengaktualisasikannya di dalam masyarakat dan bersinergi dengan semua pihak.